Cara Mencampur Pestisida Menurut Golongannya

15.26
Pernahkan Sobat semua berfikir bahwa pencampuran pestisida yang tidak tepat akan menimbulkan resistensi atau ketahanan terhadap suatu hama atau penyakit yang berdampak pada pembentukan biotipe baru pada spesies hama atau penyakit tertentu. Hal ini tentunya akan merepotkan pekerjaan kita yang bergelut dengan dunia pertanian, yang akan menambah daftar panjang pekerjaan yang harus kita selesaikan. Belum lagi besaran biaya yang harus kita sediakan untuk itu.

Pencampuran Pestisida
Apabila disuatu pertanaman ditemukan berbagai hama atau penyakit, untuk efisiensi pekerjaan tentunya kita akan mencampur beberapa pestisida sekaligus dalam satu kali aplikasi atau boleh dibilang membuat resep untuk pengendalian suatu hama atau penyakit tertentu. Akan tetapi pengetahuan yang kurang tentang bagaimana cara mencampurgolongan pestisida yang baik dan benar malah justru akan mengakibatkan suatu penurunan efektifitas dari pestisida itu sendiri. Hal inilah yang sangat merugikan kita semua, yang seharusnya pestisida tertentu bisa mengendalikan suatu hama atau penyakit akan tetapi karena kurang tepatnya pencampurannya malah menjadikan pestisida tersebut tidak efektif lagi, satu rugi biaya dan yang paling parah adalah harus melakukan aplikasi pestisida ulang karena tidak efektifnya aplikasi yang pernah kita lakukan.Bukan bermaksud menggurui ataupun menganggap paling benar, akan tetapi disini saya hanya sekedar berbagi tips pencampuran pestisida menurut golongannya, mana yang boleh dicampur dan mana yang harus dihindari karena akibatnya penurunan efektifitas yang berimbas pada keberhasilan pengendalian hama dan penyakit.

Okelah sobat semua, mari kita simak daftar paparan tentang pedoman pencampuran pestisida menurutgolongannya di bawah ini..


· Piretroid dengan piretroid --- Hindari
· Piretroid dengan karbamat --- Sedikit dianjurkan
· Piretroid dengan Organofosfat --- Sangat dianjurkan
· Piretroid dengan Nikotinoid --- Dianjurkan
· Piretroid dengan Pirazol --- Dianjurkan
· Piretroid dengan Spinosim --- Dianjurkan

· Karbamat dengan Karbamat --- Hindari
· Karbamat dengan Organofosfat ---Sedikit dianjurkan
· Karbamat dengan Nikotinoid --- Sedikit dianjurkan
· Karbamat dengan Pirazol --- Sedikit dianjurkan
· Karbamat dengan Spinosim --- Dianjurkan

· Organofosfat dengan organofosfat --- Sedikit dianjurkan
· Organofosfat dengan Nikotinoid --- Dianjurkan
· Organofosfat dengan Pirazol --- Dianjurkan
· Organofosfat dengan Spinosim --- Dianjurkan

· Nikotinoid dengan nikotinoid --- Hindari
· Nikotinoid dengan Pirazol --- Sangat Dianjurkan
· Nikotinoid dengan Spinosim --- Sangat dianjurkan

· Pirazol dengan pirazol --- Hindari
· Pirazol dengan Spinosim --- Sangat dianjurkan

· Spinosim dengan spinosim --- Hindari
Demikian yang dapat saya sampaikan tentang cara mencampur pestisida berdasarkan golongannya, dan untuk daftar bahan aktif pestisida dan golongannya akan saya ulas dalam posting mendatang, . Semoga memberikan manfaat bagi kita semua.....

Note* “Pestisida Adalah Racun, Bijaklah Dalam Menggunakannya, Baca Cara Pakainya, Dan Ikuti Petunjuk Keamanannya”
Previous
Next Post »
JustForex